pada bagian travo yang ada tulisannya 0v 110v 220v
karena listrik rumah saya 220v, nah saya gunakan yang 0V dan 220v ke arah colokan listrik bolak balik gak apa2 karena arus AC, jangan lupa di salah satu kabelnya menggunakan sekring biar kalau terjadi konslet tidak terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan.
Kemudian pada bagian output bagian yang bersebrangan dengan bagian input diatas terdapat 0v 6v 12v 15v
Pilih 0v dan 15v untuk digunakan kemudian sebagai tegangan pengecharge-an, namun arus output ini belum bisa di gunakan untuk langsung melakukan pengecasan aki karena arus yang keluar masih berupa arus AC, Kemudian tegangan output dari 0 dan 15v tadi di sambungkan pada rectifier/ kyprox sehingga menjadi arus searah (gak searah banget sih cuman sinusoidal setengah)
Cara memasang di rectifier/kyprox :
kan ada 4 terminal, dua terminal bertandakan + dan – dan yang dua lagi tidak ada tanda + atau – Nah yang dua terminal tidak bertandakan + atau – itu dihubungkan dengan arus ac dari travo (0v dan 15v) tidak masalah bolak balik karena sifatnya masih AC
Kemudian nanti dari dua terminal yang bertandakan + dan – itu akan keluar masing2 arus + dan – nah keluaran dari rectifier ini yang masing2 akan digunakan untuk mengecas Aki, Dari + ke kepala aki + dan dari – ke kepala aki -
Selesai Sudah
Written by Aan 'beoco' Farianto
Cara nambahin kipas caranya gimana bang apa langsung di ikutin ke dioda bridge nya.
BalasHapusbisakah koproknya ditambah elco
BalasHapus